 |
STP Process |
Segemntation, Targeting, dan Positioning merupakan salah satau strategi dalam marketing. Segmentation atau yang sering dikenal dengan segmentasi pasar
merupakan tindakan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok-kelompok dengan
berbagai kategori. Targeting atau menetapkan target pasar yang ingin Anda
sasar. Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam
segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan
sebagai target pasar. targeting atau menetapkan
target pasar yang ingin Anda sasar. Targeting merupakan tindakan menilai
ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen
pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar.
 |
STP Model |
Kali ini saya akan melakukan analisa STP terhadap diri saya
sendiri sesuai aturan kaidah STP Marketing, dengan memposisikan diri saya
sebagai produknya dan perusahaan atau industri sebagai marketnya
Segmentation
Saya lulusan Teknik
Industri, tentu segemen yang harus saya klasifikasikan adalah semua industri
manufaktur berbagai bidang. Namun, pengalaman saya di kantor sebelumnya adalah
perusahaan farmasi, maka segementasi industri saya adalah industri farmasi dan
juga food and beverages.
Targeting
Target industri yang
ingin saya tuju adalah Unilever. Unilever sendiri merupakan salah satu
perusahaan multinasional yang bergerak di bidang food and beverages serta
consumer goods. Unilever memiliki berbagai departemen dari R&D, PPIC,
bagian Produksi dan Supply Chain. Berbagai departemen di Unilever sangat
mungkin menjadi tempat bekerja untuk lulusan teknik Industri.
Positioning
Saya memposisikan diri saya sebagai
lulusan teknik industri dengan penjurusan manufaktur dan supply chain, maka
dari itu posisi yang saya incari untuk saya bekerja di Unilever adalah bagian
planning produksi dan atau bagian SCM yang berurusan dengan supply chain dan
distribusi produk. Selain itu, saya tertarik dengan bagian R&D karena saya
memiliki pengalam di departemen R&D perusahaan Farmasi
EmoticonEmoticon