3 tips makan kenyang di restoran All You Can Eat


Uh.. uhmm... Balik lagi sama gue, Yudi, orang dibalik widih.com ini... sebelum gue mulai tulisan ini, ada baiknya gue kasih tau dulu ke kalian kenapa gue gak pernah nulis lagi di blog ini. Alasannya tidak lain tidak bukan adalah, gue gak tau harus nulis apa. Iya, kedengeran goblok memang, punya blog tapi gaktau mau nulis apa di blognya. Tapi ya, lo liat sendiri kan, tulisan tulisan gue yang udah udah. Random, gak ada kontennya, kebanyakan review film malahan. Nah ketika gue udah jarang nonton film di Bioskop, bingung mau nulis apa. Jadi yah, terbengkalai aja gitu widih.com ini...
Last but not least, kalo kalian punya saran atau rekomendasi tentang apa yang harus gue tulis di blog ini, feel free to made a comment di kolom komentar di bawah, atau bisa DM ke sosmed sosmed gue, linknya ada di samping tuh. Okay~

source : todaysbuffet.com

Restoran all you can eat, atau biasa disebut AYCE. Ya sebenarnya gak cuma restoran kaya Hanamasa atau Kintan Buffet aja sih, ada juga yang macam tempat makan biasa gitu kayak bamboo dimsum atau restoran hotel yang juga kebanyakan AYCE. Jadi tempat ini adalah tempat di mana lo bisa makan apapun menu yang ada di sana, sepuasnya, sekuatnya, sekenyang yang lo bisa dalam tempo waktu yang ditentukan (biasanya 1-3 jam, tapi kata temen gue ada AYCE yang gak ngasih time limit)  Cuma dengan sekali bayar. Widiihhhhh... Sounds amazing right ? Tapiiii~ agak tricky sebenernya makan di tempat macam gini, karena harga yang harus lo bayar itu biasanya gak murah, kisaran 60-150 ribu, bahkan ada yang lebih dari itu.
Nah maka dari itu, biar lo gak rugi udah bayar mahal, gue akan kasih tipsnya.
“uuhhmmm, rugi gimana maksudnya nih, emangnya nanti kita bakal dilarang buat ambil makanannya apa gimana?” :3
Rugi yang gue maksud di sini adalah, makan di AYCE kan bayarnya lumayan ya, nah maka dari itu jangan sampe lo gak puas ketika waktu lo makan di sana udah habis. Misalnya, makanan yang enak gak sempet lo cobain, atau lo Cuma nyoba beberapa jenis makanan aja, atau lo gak sempet makan desserts yang udah disediain, gitu. Ohya, satu lagi. Biasanya di tempat makan AYCE ini ada kebijakan dilarang menyisakan makanan yang udah lo ambil ke meja. Jadi nanti tuh, pas waktu lo habis, makanan yang ada di meja lo itu bakalan ditimbang, dan ada sanksi denda sejumlah uang per berapa gram makanan yang sisa. Ini bakalan dijelasin kok sama waitressnya pas lo baru duduk di table. Nah jadi, untuk menghindari itu semua, baca 3 tips dari gue ini

source : qraved.id


1. Jadilah bijak, kendalikan nafsumu

Mungkin,, buat yang biasa makan di AYCE ini pahamlah ya maksud dari poin nomor satu ini. Tapi buat yang  jarang atau bahkan baru sekali makan di AYCE, pasti nafsu banget kaya pas mau beli takjil buat buka puasa. Ngeliat ini, mau. Ngeliat itu, mau. Nyium aroma ini, kepengen. Liat orang nuang itu, kepengen. Yah seperti itulah kiranya gambaran orang yang baru makan di AYCE. Apa ini gue doang yah, engga kayaknya deh hahahaa. Tapi serius, jangan kaya gitu. Gue kemarin baru aja nyobain makan di AYCE yang belum lama ini buka di Cikarang, ONOKABE Suki & Grill. Seperti yang gue bilang tadi, gue terlalu bernafsu. Bahkan ya, gue dari pagi  gak makan biar nanti pas malem gue dateng ke onokabe bisa makan buanyaaak. Saking nafsunya. Tapi, ya itu salah, gak makan seharian justru bikin lambung mengecil, akibatnya makanan yang masuk gak banyak, karena jadi cepet kenyang.
Terus, pas di sana gue dan kawan tuh kayak kesetanan. Masing masing orang ambil daging buat di grill sepiring. Ambil aneka seafood sepiring. Terus ambil sayur buat dimasukin ke Suki tuh ya banyak banget. Alhasil, kami pada kekenyangan duluan. Ya kan mau gak mau yang udah diambil harus abis kan. Jadi gak sempet nyoba menu lain deh.
Oh ya, for your fyi aja nih ya, di ONOKABE Suki & Grill itu, gak Cuma ada makanan buat direbus sama buat di-grill aja. Ada makanan yang udah mateng juga kayak Nasi goreng, Mie goreng, Telor balado, Orek tempe, karedok, ada Daging Bulgogi juga, terus ada tahu yang di atasnya ada cincangan daging itu loh. Pokoknya macem-macem deh. Bahkan ada stand kambing guling juga. Widihh, pokoknya mantul deh alias mantap betul. Selain itu ada Stand Pasta, macem macem ada yang panjang-panjang, ada yg makaroni, ada yg melintir-melintir juga gatau apa namanya. Lengkap pokoknya.
Jadi sekali lagi gue kasih tau, kendalikan dirimu. Control yourself. Cara paling gampangnya adalah, Lo riset dulu di tempat AYCE yang mau lo datengin nyediain menu apa aja. Terus, lo pilih mana yg kira-kira menarik dan pengen dimakan. Ambil dikit ajah!! Lo makan deh tuh yang udah diambil tadi, nah yang enak, lo ambil lagi rada banyakan. Yang ga enak gausah diambil lagi. As simple as that.

 
source : merahputih.com

2. Ajak temen lo yang biasa makan di sana

Ini cukup penting sih, kenapa? Karena kalo kita bawa orang yang udah biasa makan di AYCE itu kita bakalan dikasih tau mana menu yang enak, mana menu yang bisa diskip karena rasanya B aja. Selain itu, karena kebanyakan konsep dari AYCE itu adalah masak masak sendiri, makan makan sendiri *lah jadi nyanyi* alias self service gitu kan, nah orang yang udah biasa makan di situ bakalan lebih paham buat ngolah menunya. Misal, segimana tingkat kematangan daging yg pas. Terus kapan harus masukin sayuran, dan kapan itu sayuran boleh dimakan. Terus kan banyak menu seafood ya, ada macem macem kerang, macem macem udang, sampe cumi juga ada. Nah yang udah berpengalaman sih tau pasti mana udang yang buat digrill, mana udang buat dicemplungin ke steambot. Selain itu juga tentang saus dan sambal. Di ONOKABE Suki & Grill misalnya, ada lebih dari 15 jenis Saus, Sambal, dan Minyak di sana. Mulai dari sambel jepang, sambel india, sambel thailand. Saus cabe, saus tomat, mayonaise, dll, dkk, dst, widihh, aseli pusing gue milih saus sambel doang saking banyaknya. Temen lo yang udah biasa makan di resto ini pasti udah paham mana sambel atau saus yang enak, mana yang harus dicampur biar lebih enak. Nah kalo gue kemarin, Cuma ambil Saos sambel, sama irisan cabe rawit terus dituang kecap manis biar jadi sambel kecap xD Saking clueless-nya harus pake saus dan sambel yang mana.
Pentingnya lagi ngajak teman yang udah “berpengalaman” adalah, dia biasanya mau disuruh masak, disuruh grill atau disuruh mantengin conveyor berjalan sambil nunggu sayur mana yang enak buat dimasukin ke steambot. Jadi kita bisa leluasa jalan jalan icip icip menu lain di sana :D
Oh ya, gue lupa kasih tau, jadi selain ada area makanan dan minuman yang ada di dekat pintu masuk di ONOKABE Suki & Grill ini ada semacam conveyor persis di samping meja kita. Isinya apa ? isinya ada banyak, mulai dari sayuran, bakso, aneka macam Suki, kembang tahu, bahkan sampe mie keriting pun ada. Tinggal comot doang lagi, gak perlu jalan. Widihh, keren keren.
So, ajaklah teman lo yang sudah berpengalaman makan di tempat AYCE.

source : foody.id

3. Perhatikan makanan yang akan dimakan

Maksud perhatikan di sini bukan itu makanan lo liatin sampe melotot gitu bukan. Tapi, perhatikan urutan makannya. Seperti yang udah gue sebut di atas, biasanya di resto AYCE contohnya ONOKABE Suki & Grill ini ada buanyaaakk banget menu, mulai dari yang udah mateng, yang perlu ngerebus atau nge-grill sampe dessert kayak marshmellow, jagung rebus, pudding, buah-buahan, dll, dkk, dst. Nah tips dari gue adalah. Makan layaknya orang makan di fancy restoran. Mulai dari Appatizer, Maincourse, kemudian ditutup dengan desserts. Jadi tentunya pertama lo ambil bahan makanan dari referigerator kan, nah bakar deh tuh atau cemplungin ke dalem panci. Sambil nunggu matang, bisa makan yang ringan-ringan dulu kayak Sosis bakar, tahu gejrot, siomay, atau boleh juga pasta. Setelah itu habis, kan yang tadi di panci atau yang lagi di-grill mateng tuh, barulah disantap as a maincourse. Dagingnya, udangnya, kerangnya, cocok banget kan dimakan pake nasi, atau nasi goreng, atau bisa mie goreng juga kalo di ONOKABE Suki & Grill. Tapi gue saranin sih, jangan terlalu banyak ambil nasi atau yang karbo, biar gak cepet kenyang. Puas puasin deh tuh makan, jangan sampe gak kenyang pokoknya. Dan, jangan lupa minum. Minumnya air putih tawar atau teh tawar aja. Jangan minuman manis kaya soda atau es campur. Cepet bikin kenyang soalnya. Meskipun banyak pilihan minuman kaya lemon tea, kopi, soda. Nah di sisa waktu ¼ akhir, baru deh nikmatin desserts-nya. Bisa buah dulu, atau Puding pake vla. Atau juga bisa es krim atau es campur. Pokoknya makanan yang manis deh. Kalo di ONOKABE Suki & Grill dessert favorit gue itu Jagung rebus, pake keju, pake meses. Uuhhh nikmat. Kalo belom puas, lo bisa ambil es krim atau antre nungguin mbaknya bikin crepes atau arum manis. Widih banget kan :D

Nah, saran gue jangan sampe kalian makan desserts duluan. Misalnya, sambil nunggu sosis yang lagi di-grill kalian antre crepes atau malah ambil jagung rebus pake keju sama meses, yang ada kalian malah kenyang duluan, gak bernafsu lagi buat ambil makanan yang lain. Ini beneran. Urutan makanan itu penting banget kalo makan di tempat AYCE mengingat ada time limit yang berlaku. Kan kalian ogah rugi kan kalo udah ngeluarin uang yang gak sedikit cuma buat sekali makan, tentu jangan disia-siakan.

Oke, itu dia 3 tips makan di restoran AYCE alias All You Can eat versi widih.com oh ya yang mau tau lebih lanjut soal tempat gue makan kemarin yakni ONOKABE Suki & Grill bisa langsung kepoin aja akun Instagramnya di @onokabe_id Onokabe ini gak Cuma ada di Cikarang loh ada juga di Alsut Town Center sama di Pluit Junction. Gue juga udah bikin Micro-vlog tentang ada apa aja di ONOKABE Suki & Grill  Jababeka ini , yang gue upload ke feed Instagram gue di @yudii_s, kalian bisa cek kesana sekalian pencet tombol follow hihihi..

cukup sekian dan terimakasih.


EmoticonEmoticon