Segementing, Targeting, dan Positioning diri sendiri


STP Process

Segemntation, Targeting, dan Positioning merupakan salah satau strategi dalam marketing. Segmentation atau yang sering dikenal dengan segmentasi pasar merupakan tindakan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok-kelompok dengan berbagai kategori. Targeting atau menetapkan target pasar yang ingin Anda sasar. Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar. targeting atau menetapkan target pasar yang ingin Anda sasar. Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar.
STP Model


Kali ini saya akan melakukan analisa STP terhadap diri saya sendiri sesuai aturan kaidah STP Marketing, dengan memposisikan diri saya sebagai produknya dan perusahaan atau industri sebagai marketnya

Segmentation

Saya lulusan Teknik Industri, tentu segemen yang harus saya klasifikasikan adalah semua industri manufaktur berbagai bidang. Namun, pengalaman saya di kantor sebelumnya adalah perusahaan farmasi, maka segementasi industri saya adalah industri farmasi dan juga food and beverages.
  

Targeting

Target industri yang ingin saya tuju adalah Unilever. Unilever sendiri merupakan salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang food and beverages serta consumer goods. Unilever memiliki berbagai departemen dari R&D, PPIC, bagian Produksi dan Supply Chain. Berbagai departemen di Unilever sangat mungkin menjadi tempat bekerja untuk lulusan teknik Industri.

Positioning

Saya memposisikan diri saya sebagai lulusan teknik industri dengan penjurusan manufaktur dan supply chain, maka dari itu posisi yang saya incari untuk saya bekerja di Unilever adalah bagian planning produksi dan atau bagian SCM yang berurusan dengan supply chain dan distribusi produk. Selain itu, saya tertarik dengan bagian R&D karena saya memiliki pengalam di departemen R&D perusahaan Farmasi

Latest


EmoticonEmoticon