Survey Kepuasan Pelanggan KALCare


 
Logo KALCare

A. Latar Belakang

            Persaingan yang semakin ketat dalam dunia industri farmasi terlihat dari semakin banyaknya produsen yang ikut terlibat dalam pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen, oleh karena itu setiap perusahaan harus menempatkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama perusahaan. Dapat dikatakan bahwa kunci untuk memenangkan persaingan bisnis adalah dengan memberikan nilai serta kepuasan kepada pelanggan, dengan cara penyampaian produk atau jasa yang berkualitas dan harga yang bersaing.
            Kepuasan pelanggan pada hakikatnya adalah perasaan puas yang timbul atau dirasakan ketika pelanggan membeli produk atau jasa di mana kualitas atau kinerja yang didapatkan melampaui atau setidaknya sama dengan apa yang diharapkan.
            Setiap orang dalam dunia industri mempunyai pelanggan yang harus dipuaskannya. Ini yang pertama-tama harus disadari setiap karyawan. Kepuasan pelanggan relevan untuk kita semua, apapun pekerjaan kita, jadi kepuasan pelanggan bukan semata-mata urusan dan tanggung jawab divisi pemasaran dan pelayanan purna jual. Langkah pertama dalam usaha memuaskan pelanggan adalah menentukan dan mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang berbeda dapat pula berlainan kebutuhannya dan juga berbeda perioritasnya, tetapi pada dasarnya kebutuhan-kebutuhan umum hampir sama.
            Kalbe Farma merupakan salah satu perusahaan faarmasi terbesar di Asia tenggara. Selain memproduksi dan menjual produk ethical, Kalbe juga memproduksi obat-obat bebas yang dijual di pasaran, minuman isotonik, susu, dan produk consumer lainnya. Selain menjual produk melalui jalur distribusi ke rumah sakit dan apotek-apotek, Kalbe Farma melalui anak persahaannya, PT. Karsa Lintas Buwana membuka kanal penjulan lain seperti Kal-care di beberapa mall di kota-kota besar, dan juga KALCare.com sebagai situs penjualan online.
            Pada makalah kali ini akan dibahas mengenai kepuasan pelanggan yang berbelanja produk produk kesehatan dari salah satu kanal penjualan yang dimiliki oleh PT. Kalbe Farma yaitu KALCare. Kanal penjualan ini bisa dibilang baru dan merupakan sebuah terobosan yang dilakukan oleh industri farmasi. Pelanggan dapat berbelanja produk obat, vitamin dan produk kesehatan lainnya hanya dari rumah saja.


B.  Pembahasan

                KALCare, bernaung di bawah perusahaan PT Karsa Lintas Buwana yang merupakan salah satu anak perusahaan dari KALBE Grup, memperkenalkan wajah barunya dengan layanan Omni Channel. Adapun perubahan besar ini merupakan salah satu upaya KALCare untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kepada Customer, lewat sistem yang terintegrasi antara multi-channel platform milik KALCare.
            KALCare Omni Channel memberikan pelayanan e-commerce dan juga outlet dimana Customer bisa berbelanja ribuan produk kesehatan dan personal care dari KALBE Group. Produk yang dijual pun sangat lengkap dan beragam untuk segala usia, mulai dari nutrisi untuk mempersiapkan kehamilan hingga lanjut usia.
            Untuk Kategori Ibu & Anak, tersedia produk-produk Morinaga, Milna, Prenagen, Zee dan Lovamil. Kategori Nutrisi Khusus, tersedia produk-produk Diabetasol, Entrasol, Nutrive Benecol, Slim & Fit dan Diva. Kategori SUplemen & Vitamin, tersedia produk-produk Blackmores, H2 Health & Happiness, KECC, Cerebrofort, Sakatonik dan Osfit. Kategori Makanan & Minuman, tersedia produk-produk Love Juice, Vegie Fruit, Hydro Coco, Fitbar, Fitchips. Lewat wajah barunya, KALCare menghadirkan layanan lebih lengkap yang akan memudahkan customer untuk berbelanja. Dengan melakukan pembelanjaan melalui channel official KALCare akan menjamin keaslian dan kualitas produk, keamanan pembayaran, dan juga delivery produk yang cepat.

 Sistem Penjualan KALCare

Ada empat jalur penjualan yang bisa diakses oleh konsumen dari KALCare ini, semuanya bisa dilakukan dari rumah tanpa harus keluar rumah sama sekali, ini lah hal yang menjadi keunggulan dari KALCar, berikut penjelasannya
1. KALCare.com
Kalcare.com (sebelumnya dikenal dengan Kalbestore.com) merupakan situs e-commerce yang memudahkan Anda dalam berbelanja produk-produk nutrisi, perlengkapan ibu dan anak, makanan dan minuman, perawatan pribadi, vitamin dan suplemen, obat-obatan. Melalui fitur baru website ini, Customer dapat berbelanja langsung di website atau dapat memilih untuk berbelanja lewat merchant resmi KALCare.
2. KALCare Home Delivery (KHD)
KALCare Home Delivery merupakan layanan pesan antar produk, melalui chat maupun jasa telemarketing, dengan area cakupan 38 kota di seluruh Indonesia. Lewat layanan ini, Customer bisa memesan produk dan pesanan akan diantarkan langsung oleh kurir ke alamat tinggal, gratis biaya ongkos kirim dengan minimal pembelanjaan sebesar Rp. 200.000.
3. KALCare Outlet
KALCare outlet merupakan experiental store yang dapat dikunjungi di beberapa mall di Jakarta. KALCare Outlet saat ini berada di Pesona Square Depok, Grand Metropolitan Mall Bekasi, Pondok Indah Mall 2, Lotte Shopping Avenue, Bintaro Exchange, dan Lippo Mall Puri. KALCare Outlet menyediakan layanan pengecekan skrining kesehatan, edukasi dan konsultasi dengan nutritionist. Customer juga bisa mengikuti beberapa workout class dan event yang biasanya dilakukan di KALCare Outlet secara regular.
4. KALCare Marketplace
KALCare Official Store juga bisa ditemukan pada marketplace terbesar di Indonesia. Dengan berbelanja di official store, customer akan mendapatkan garansi keaslian dan keamanan produk yang dibeli. KALCare tersedia di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan JD.ID

Survey Kepuasan Pelanggan

Survey atau Angket ini dilakukan secara daring atau online menggunakan google form, di mana orang yang mengisi survey adalah pelanggan yang pernah atau sering menggunakan layanan dari KALCare. Terdapat 7 pertanyaan mengenai kepuasan pelanggan, di mana masing-masing terdapat empat pilihan jawaban dengan skala Sangat Baik, Baik, Buruk dan Sangaat Buruk. Metode 4 jawaban ini saya pilih agar pelanggan yang mengisi angket tidak memilih nilai tengah namun dipaksa memberikan jawaban. Berikut hasil angketnya
1. Dari berbagai kanal KALCare, mana yang pernah anda gunakan? (boleh > 1)
Pertanyaan ini dibuat untuk melihat sebaran konsumen terhadap berbagai kanal penjualan dari KALCare.


Hasilnya, dari 15 orang yang disurvey, 40% diantaranya melakukan pembelian melalui situs KALCare.com, dan paling jarang digunakan adalah layanan KALCare Home Delivery.



2. Bagaimana Pelayanan yang anda rasakan?
Pertanyaan ini bertujuan untuk mengukur seberapa puas pengalaman yang didapatkan oleh pelanggan ketika berbelanja di layanan KALCare. Semakin puas artinya pelayanan yang diberikan sudah bagus dan pelanggan mendapatkan pelayanan melebihi ekspektasi mereka.

Hasilnya cukup mengejutkan, 80% merasa puas dan 20% sisanya merasa sangat puas, tanpa ada satupun surveyor yang merasa kecewa atau sangat kecewa. Ini membuktikan pelayanan dari KALCare sudah memenuhi ekspektasi pelangggan dan berhasil membuat pelanggan puas.
3. Bagaimana kecepatan Pengiriman Produk?
Pengiriman produk merupakan kunci dalam penjualan online. Pelanggan tentu berharap setelah melakukan pembayaran mereka akan segera mendapat produk yang mereka beli. Pertanyaan ini akan mengukur seberapa cepat KALCare mengirimkan produk berdasarkan pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan.

86,7% memberi jawaban cepat dan sisanya 13,3% merasa lambat. Hal ini bisa menjadi salah satu sumber improvement yang dapat dilakukan yaitu mempercepat pengiriman produk.
4. Bagaimana Kualitas Produk yang anda terima?
Kualitas produk merupkan hal yang wajib, tidak ada toleransi dalam mengirimkan produk yang tidak berkualitas. KALCare berupaya untuk selalu menjual dan mengirimkan produk-produk berkualitas, hasil survey ini akan memperlihatkan hasilnya.

Dari 15 responden 40% merasa produk yang dikirimkan sangat baik, dan 60% merasa baik. Tidak ada komplen atau keluhan pelanggan yang mendapatan produk dengan kualitas buruk.
5. Seberapa responsif costumer care KALCare menghadapi keluhan atau pertanyaan anda?
Tingkat pelayanan terhadap keluhan pelanggan menggambarkan seberapa baik komunikasi yang terjalin antara penjual dan pembeli, berikut hasil surveynya.

40% surveyor merasa pelayanan customer care sudah responsif dan 33,3% lainnya bahkan merasa sangat responsif. Namun ada sekitar 26,7% pelanggan merasa customer car KALCare ini masih cukup lamnbat menghadapi keluahan atau pertanyan dari pelanggan. Hal ini harus segera diperbaiki mengingat hal pelayanan keluhan ini merupakan salah satu pertimbangan yang biasanya digunakan oleh calon pelanggan sebelum membeli sesuatu.
6. Bagaimana Harga yang ditawarkan
Harga adalah sesuatu yang subjektif, untuk ukuran mahal dan murah setiap orang tentu berbeda, pada pertanyaan ini yang dimaksud harga yang mahal dan harga yang murah adalah jika dibandingkan dengan produk atau pelayanan sejenis yang didapatkan dari penjual yang lain, berkut hasilnya.

60% pelanggan merasa harga yang ditawarkan cukup murah, namun masih ada 40% dari pelanggan yang merasa harga cukup mahal di atas rata-rata.
7. Seberapa Sering KALCare mengadakan promo atau potongan harga?
Potongan harga atau diskon adalah sesuatu yang bisa menarik pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan. Pertanyaan ini dibuat untuk mengetahui seberapa sering KALCare melakukan cara promosi semacam ini.



Lebih dari separuh konsumen merasa KALCare jarang memberikan promo atau potongan harga, 40% merasa sering, dan ada sedikit sekitar 7% yang merasa sangat sering.
8. Seberapa besar Anda akan merekomendasikan KALCare ke teman, rekan, atau keluarga anda?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan penutup yang digunakan untuk mengetahui apakah pelanggan akan merekomendasikan KALCare ke orang lain atau tidak. Dengan skala 1 sampai 5, 1 berarti sangat tidak ingin merekomendasikan dan 5 artinya sangat ingin merekomendasikan. Hal ini penting untuk diketahui karena pelanggan yang puas tentu akan membagi pengalaman mereka ke orang lain, dan orang lain itu akan mencoba produk atau jasa yang kita gunakan. Salah satu trik marketing yang kadang dilupakan oleh banyak orang.

Hasilnya, 60% memberikan skor 4, lalu 33,3% memberikan skor 3, dan ada 6,7% memberikan skor 5. Bisa dilihat berarti pelanggan cukup puas dengan apa yang diberikan oleh KALCare, baik itu dari segi pelayanan, kualitas produk, maupun harga dan lain lain, sehingga mereka akan merekomendasikan produk dan jasa dari KALCare ke orang lain

C. Kesimpulan dan Saran

KALCare dengan berbagai kanal penjualan merupakan salah satu cara dari produsen farmasi terbesar di Asia Tenggara menjual produknya. KALCare memiliki 4 kanal penjualan yaitu situs online kalcare.com, KALCare Home Delivery, KALCare Outlet, dan official store di Marketplace Online. Berdasarkan hasil survey kebanyakan pelanggan menggunakan situs online kalcare.com dan disusul dengan pembelian melalui offcial store di marketplace online. Survey Kepuasan pelanggan yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa pelanggan yang  berbelanja di KALCare merasa PUAS. kepuasan itu terlihat dari berbagai faktor seperti Pelayanan yang diberikan, kualitas produk, kecepatan pengiriman, harga yang ditawarkan serta promosi yang diadakan.
Hasil survey menunjukaan masih ada poin-poin yang perlu diperbaiki dari pelayanan KALCare, diantaranya soal kecepatan pengiriman produk karena masih terdapat pelanggan yang merasa pengiriman KALCare lambat. Kemudian mengenai responsivitas customer care yang dirasa masih tidak cukup cepat dalam menghadapi keluhan dan pertanyaan dari pelanggan. Semoga dengan survey yang telah dilakukan bisa digunakan untuk memperbaiki pelayanan yang diberikan KALCare.
 




EmoticonEmoticon