Senin, 16 Mei 2016

Susahnya Jadi Anak Kost

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

Setiap bulan, terdapat 30 atau 31 hari. Artinya dijaman yang sekarang apapun serba mahal, Anak rantau yang jauh dari orang tua a.k.a Anak Kost, harus bisa me-manage uang yang ada, agar bisa bertahan hidup selama 1 bulan kedepan. Dan inilah cerita tentang teman gue, sedikit kisah tentang susah nya hidup merantau jauh dari orang tua.
via - kovloq.com

Nama nya Joni, teman sekolah gue dulu sewaktu di Purwakarta, dia mahasiswa fakultas Farmasi di salah satu perguruan tinggi negeri di pinggiran kota Bandung, Jawa Barat. Joni bercita-cita untuk menjadi seorang Dokter (katanya sih biar bisa mengobati orang sakit), namun karena dia takut sekali sama darah, akhirnya membanting stir ke Jurusan farmasi, toh Apoteker pun berperan dalam kesembuhan pasien yang sakit kan. Tahun ini adalah tahun pertama Joni sebagai mahasiswa, hal yang paling dirasakan saat merantau jauh dari orang tua adalah, susah nya hidup di Tanggal Tua. Masa-masa dimana keperluan dan pengeluaran tidak ada habisnya, namun uang kiriman dari orang tua belum juga tiba.

1. Tentang Makanan
 
via - top10indo.com


 Ini adalah hal yang paling penting, manusia tidak akan hidup tanpa mengkonsumsi makanan. Bagi Joni yang tentunya tidak pernah merasakan lagi makanan buatan ibu nya, Sesekali pergi ke restoran atau tempat makan yang berkelas dan memiliki cita rasa yang sudah tidak diragukan. Namun dalam sebulan, hal ini hanya terjadi saat awal bulan, ketika orang tua Joni mengirimkan jatah uang bulanan. Atau saat ada teman Joni yang merayakan ulang tahun dan dirayakan dengan mentrakir Joni dan kawan-kawan nya. Sisa nya, saat tanggal 5-15 dalam satu bulan, Joni masih mampu untuk pergi ke warteg. Tanggal 15-25 frekuensi Joni pergi ke warteg mulai berkurang, lebih sering mengisi perut nya dengan Mie Instan. Di 5 hari terakhir, atau lebih sering kita menyebut nya "Tanggal Tua", minuman susu+sereal sachet adalah sarapan paling bergizi bagi Joni. Minuman Jelly seharga seribuan, adalah makan siang yang bisa menahan lapar. Malam nya, setelah seharian perut kosong kurang makan, minum Obat Magh adalah hal yang ampuh. Selain untuk mencegah sakit Magh, bisa juga menunda lapar sampe hari ini usai. Hal ini terus berlanjut setiap harinya hingga Uang kiriman dari orang tua Joni tiba.
Seperti ini lah Menu Tanggal Tua Joni. Via - Gambarbbm.com

2. Tentang Kuota Internet

via - pintarkomputer.com
Jaman sekarang, kebutuhan kuota internet seakan lebih penting ketimbang kebutuhan yang lain. Bahkan Joni rela mandi gak pake shampo cuma untuk beli kuota internet. Joni perlu koneksi internet bukan hanya untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dari dosen, tapi juga untuk stalking mantan di sosmed. Yhaa Joni memang tipe mahasiswa susah move on. Kuota internet joni, biasanya hanya bertahan sampa minggu ke-3 setiap bulan nya, padahal di awal bulan Joni membeli paket internet dengan kuota yang cukup besar. Kalau sudah begini, satu-satunya harapan Joni adalah memanfaatkan wifi kampus. Di hari-hari pada Tanggal tua, meski tidak ada kelas, Joni tetep rajin berangkat kuliah. Setelah sarapan dengan sereal sachet di kosan, Joni bergegas pergi ke kampus, bukan untuk kuliah, tapi sekedar untuk internetan. Bahkan ketika sedang banyak tugas, Joni masih di kampus hingga malam, alasannya sama, bisa internetan sambil sesekali Stalking sosmed mantan.


3. Tentang Perlengkapan Sehari-hari
via - bacauntuktau.blogspot.com
 Peralatan mandi, seperti Sabun, Pasta Gigi, Shampo, sebenernya bukan hal yang begitu penting bagi anak kosan, Saat tanggal tua dari pada membeli barang seperti itu, Joni lebih memilih untuk beli makan. Karena barang-barang seperti itu bisa didapat di kosan sebelah, tetangga kos Joni yang sedikit lebih baik kehidupan nya, Kalo Joni mau sikat gigi dan pasta gigi nya habis, tinggal ketuk pintu kamar sebelah. Gue yang waktu itu lagi main ke Kosan Joni, bingung karena sabun buat mandi Habis. Kata Joni dia sih udah biasa mandi gak pake sabun, lah gue mana bisa. Apalagi habis gerah di perjalanan. Nah waktu itu sekalian aja gue kasih tau Joni, tempat buat beli Barang-barang yang harga nya murah, sekaligus cepat pengiriman nya, gue suruh Joni Cek ke Matahari Mall #1 E-Commerce  Selain pengiriman cepat, harga yang murah, kualitas barang dan pelayanan juga nomor satu. Selain itu ada pilihan pembayaran di tempat juga. Dan ada Gratis pengiriman. keren kan Jon.

 Nah sekarang ga ada alasan buat Joni kehabisan peralatan mandi lagi. Gak cuma itu, gue pun kasih tau ke Joni, kalo di Matahari Mall itu ada program yang nama nya 'TTS-Tanggal Tua Surprise'. Jadi ini adalah program promosi yang dimulai dasri minggu ke-3 di tiap bulan nya. Ada peralatan Sehari-hari, Makanan, dan bahkan kuota serta pulsa pun ada. Jadi Lo bisa tetep bisa belanja meski di tanggal tua Jon. *dan Joni pun cuma ngangguk-ngangguk doang* Kemudian, gue kasih liat Joni video yang kurang lebih sama seperti kisah hidup nya Joni,




#JadilahSepertiBudi

Oke itulah #KisahTanggalTuaKu, lebih tepat nya ini kisah temen gue, Joni. Joni dan Budi sama sama memiliki nasib yang menyedihkan di tanggal tua, namun sejak tau ada Matahari Mall #1 E-Commerce hidup mereka di tanggal tua tidak semenyedihkan dulu lagi. Setidaknya, meski tanggal tua, Joni sekarang tidak pernah kehabisan peralatan mandi dan tidak kehabisan kuota lagi. :))

Bagikan

Jangan lewatkan

Susahnya Jadi Anak Kost
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
17 Mei 2016 08.53

hehe... tgl tua menjadi momok anak2 kost ya... :)

Reply
avatar
19 Mei 2016 13.41

iya mb, huu tanggal tua selalu jadi momok bagi anak kost yangt jauh dari orang tua :D

Reply