Review Buku : Hujan - Tere Liye. Novel Cinta dan Persahabatan, atau Novel Fiksi Ilmiah ?

Buku ini bukan buku baru yang terbit beberapa hari lalu, udah lumayan lama buku ini terbit, a few month ago lah kira-kira, bahkan temen-temen gue pun udah banyak yang namatin buku ini, tapi kenapa review nya baru keluar sekarang? the answer is "because i can" hahahaha xD just kidding guys.
Soal nya, gue baru sempet baca ini buku, dan buku nya pun gak beli tapi minjem punya pacar... iya pacar, pacar orang maksud nya, bukan pacar gue. *seketika baper* oke, cukup bas basi nya, gue mulai aja deh...
Pict from Instagram
Buku ini buku pertama yang gue baca di 2016, terakhir kali baca buku macam gini oktober tahun lalu, cukup lama kan ? mangkanya saat awal awal baca, sempet skeptis sama diri sendiri, "ini bakal gue baca sampe abis gak yaa?" kenapa gue skeptis gitu, karena untuk membaca sebuah buku sampe tamat bagi orang yang jarang atau udah lama ga baca buku itu lumayan sulit loh. Namun setelah gue baca 2 halaman pertama, "widihhhh menarik juga nih buku, kayak nya bisa nih gue baca sampe tamat''.
Yang gue maksud menarik dari buku ini itu, Set up latar dari Hujan nya tere liye itu bener bener total, detail dan cerdas banget. Bayangin aja deh, setengah dari isi novel ini, masih di isi sama set up dan baru masuk awal awal konflik nya aja. "ya terus kalo gitu kenapa emang yud ?" yaelah masih aja nanya kenapa -,-
itu artinya Tere liye sukses buat nyampein apa yang ada dipikiran nya, apa yang dia bayangin ke semua pembaca yang baca Hujan ini.

Setting waktu dan tempat yang diambil buat buku ini pun, tahun 2043, yang mana digambarkan semua teknologi sudah maju dan berkembang sangat pesat. Coba, siapa yang gak seneng diceritain tentang apa yang ada dimasa depan? hal hal yang kadang kita bayangin atau kita impikan bakalan ada dimasa depan, semua ada dibuku ini.

Inti ceritanya pun, mudah dicerna, bahkan kalo menurut gue, punch line nya tipis sekali. Tanpa mengurangi keseruan membaca tentunya. kurang lebih Hujan ini nyeritain kisah cinta sedari kecil dua anak korban bencana alam dahsyat yang sama sama kehilangan anggota keluarga nya akibat bencana dahsyat itu.
''itu aja ? Serius ??'' 
"iya serius cuma itu"
tapi tunggu dulu, yang lo dapet dari buku ini gak cuma itu, ada bumbu-bumbu persahabatn dan juga, yang menarik perhatian gue, tentang teknologi dan kecanggihan dimasa depan yang bener bener digambarin detail sama si Tere Liye ini, mangkanya di Judul gue tulis "Novel cinta dan persahabatan atau Novel fiksi ilmiah"
ada tentang mobil terbang, kamera kecil seperti kumbang yang gantiin tongsis buat selfiie, dan juga kondisi iklim global yang sebenernya kalo sampe kejadian di dunia nyata bakal bikin ngeri semua penduduk bumi.

Alur ceritanya pun unik, dimulai dari masa sekarang, kembali flashback menceritakan masa lalu, sampe akhir nya diujung cerita kembali kemasa sekarang. Seru, unik, bikin kepengen baca lagi.
Tokoh yang terlibat didalam cerita ga terlalu banyak, dan semua terhighlight dalam 2 tokoh utama dan satu tokoh pendukung aja, yang lain ? figuran ! tapi tetep, semua punya porsi sendiri yang bikin cerita nya semakin kuat.

Kesimpulan nya, Tere Liye penulis cerdas, Hujan digarap dengan sangat serius seperti nya, recomended sekali untuk di baca, bukan cuma untuk kalian yang suka Novel tentang Cinta, tapi kalian yang suka teknologi dan kejadian alam boleh banget buat baca ini.
Pict from Instagram

Buat yang suka baca buku untuk sekedar nyari quotes bagus, seperti biasa Tere liye nyelipin quotes-quotes menarik di buku ini juga, diantara nya dan yang paling gue suka...

"Bukan melupakan yang jadi masalah nya, tapi menerima
Barang siapa yang bisa menerima, maka dia akan bisa melupakan
Tapi jika dia tidak bisa menerima, dia tidak akan pernah bisa melipakan"
- Elijah, Dokter saraf di buku Hujan

 Jadi buat yang masih belum baca, silahkan pergi ke toko buku terdekat, cari Novel Hujan terbitan gagas media ini, kalo gak mau beli, silahkan pergi ke kosan temen, cari dan pinjem buku nya. kayak yang gue lakuin gitu. hahahaaha. okey, sekian dan terima kasih.



-yudi-





EmoticonEmoticon